Header Ads

Yessi Rahmawati, Menjadi Staf Ahli Kemenkoperekonomian Hingga ke Ritsumeikan University Jepang


Salam, namaku Yessi Rahmawati. Anak introvert yang gila menulis dari Nganjuk yang selalu terjebak pada kegiatan ekstrovert. Rangkaian doaku dimulai ketika aku lulus SMK. Di saat aku memutuskan untuk melanjutkan kuliah, Allah mengambil ayahku. Meskipun begitu aku masih tetap percaya jika doaku akan dikabulkan entah bagaimana caranya. Dan Allah benar-benar mengabulkannya. Tidak banyak yang bisa aku ceritakan di waktu-waktu tersebut, hanya saja aku menghabiskan banyak waktuku di menulis, lomba paper dan karya tulis, lomba sastra, dan organisasi. Ketika kuliah aku ingin menjadi policy maker, yang bisa makan siang di Jakarta, makan malam di Bali dan besoknya sudah harus take off menuju Bangka Belitung.

Lulus dari Unair Allah menghidupkanku lagi dalam doa, aku bekerja untuk Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di bagian Staf Ahli Pengembangan Daya Saing Nasional. Dari sini, aku bisa keluar negeri beberapa kali dalam setahun, keliling dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia dan yang paling penting bisa memberikan sumbangsih kepada negara walaupun itu sedikit. Di Kemenko Perekonomian aku bertugas untuk mengevaluasi kebijakan, peraturan dan perizinan. Ease of Doing Business, perizinan minyak dan gas bumi, World Competitiveness Index adalah makanan sehari-hariku.

Dan sekarang, aku hidup dalam doaku yang lainnya. Setelah 2 tahun berjibaku dengan kebijakan, Allah membiarkanku beristirahat sebentar, menikmati secangkir kopi ditengah-tengah daun memerah yang berguguran di kampus. Aku sedang menjalani hidup dengan penuh kesyukuran di Kyoto, Jepang. Aku resmi menjadi penerima beasiswa dari Asian Development Bank (ADB JSP) di Ritsumeikan University pada bulan September 2019. Dari situ, perjalanan doaku yang baru dimulai. Selama disini, aku aktif sebagai anggota Beyond Border Plaza (seperti BEM Mahasiswa Internasional) dan anggota klub yoga, klub sepeda. Selain itu, aku masih aktif menulis, entah itu menulis sastra, menulis di website pribadiku dan menulis paper. Jika Allah berkenan dan visaku diterima, akhir desember aku harus bertolak ke Norwegia untuk presentasi paper di acara CEPR dan akhir awal Maret 2019 aku harus presentasi paper lagi di Washington DC untuk acara Advanced Micro-consistent Macroeconomics. Dan semua kegiatan presentasi paper ini murni dibiayai oleh Allah (gratis karena paperku sudah lolos seleksi). Berkali-kali dalam kehidupanku, aku selalu berhenti dan bertanya kepada diriku sendiri, wow, aku pernah berdoa untuk ini dan sekarang ini terjadi.

No comments

Powered by Blogger.