Header Ads

ALUR PENGAJUAN DTKS UNTUK KIP KULIAH

Proses pengajuan DTKS secara prosedural tidak bisa dilakukan langsung oleh para pelamar. Pengajuan DTKS harus melalui pendataan oleh pihak Desa/Kelurahan. Sebelum kalian mendaftar di DTKS silahkan cek data NIK kalian sudah terdaftar atau belum di link disini.

Berikut alur pendaftaran DTKS bagi kelompok ekonomi tidak mampu

  1. Mengajukan diri ke Desa/Kelurahan untuk pengusulan DTKS
  2. Desa atau Kelurahan mengadakan musyawarah terkait pengajuan data kalian.
  3. Jika hasil musyawarah disepakati dan kalian layak terdata di DTKS, maka Operator Desa/Kelurahan melaporkan dan mengajukan ke Dinas Sosial.
  4. Dinas Sosial melakukan pemeriksaan data sebelum di sahkan oleh Bupati/Walikota
  5. Data yang disahkan oleh Bupati/Walikota diajukan ke Kementerian Sosial
  6. Data yang disetujui oleh Kementerian Sosial akan diterbitkan  Nomer ID DTKS melalui Surat Keputusan Menteri

Pengajuan DTKS normalnya dapat dilakukan oleh masing-masing Kabupaten/Walikota selama 4 kali selama setahun yakni di bulan Januari, April, Juli, Agustus.


Waktu yang dibutuhkan dari proses pengajuan melalui Desa sampai diterbitkannya Nomer DTKS bisa memakan waktu paling singkat 6 bulan dan bisa sampai 2 tahun.

Upadate informasi DTKS dapat kalian akses di web dtks.kemensos.go.id

Jangan lupa follow Instagram @sahabat.kipkuliah
Subscribe youtube dibidikmisicom

14 comments:

  1. Tolong saya di daftar sbgi DTKS, karena saya ingin membuat KIP/PIP utk anak saya. TrimakasTer

    ReplyDelete
  2. Masalah saya kenapa waktu sya cek di dtks nama saya sudah tercantum mndapat bst non pkh.sejak januari 2020.
    Tp saya tidak mendapatkan bantuan apa2.tolong di bantu🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saya juga. saya cek dapat bantuan kartu sembako non pkh. tapi nyatanya saya ndak dapet.
      gimana itu.

      Delete
  3. saya sudh tingal dn Berdomisili di Samarinda Kecamatan Samarinda Utara kurang lebih 15 Tahun namun saya belum pernah tersentuh Bantuan Apapun dn dlm Bentuk apapun bisa di Cek Data saya di Kelurahan Sempaja Utara Samarinda utara . ..

    ReplyDelete
  4. Klo mau daftarkan Kjp anak yg baru masuk atau tahap baru apa link nya butuh infonya dong makasih

    ReplyDelete
  5. Mohon daftarkan saya diDTKS karna saya butuh berobat pengen mendapat kartu kis atau bantuan ..

    ReplyDelete
  6. Mohon daftarkan saya di dtks karena saya ingin mempunyai kartu kip untuk anak saya

    ReplyDelete
  7. mohon daftar saya ingin mempunyai kartu kip untuk anak saya . keluarga saya belum pernah dapet kartu apa pun itu mohon daptar

    ReplyDelete
  8. Mohon daftar saya ingin mendapatkan bantuan KIP KIS dan bantuan lainnya

    ReplyDelete
  9. Tlng bantu saya untuk di daftarkan.

    ReplyDelete
  10. Tlg sy dartarkan dtks,sy punya 5 org anak yg masih sekolah,gak pernah dpt bantuan

    ReplyDelete
  11. saya.juga.ga.pernah.dapat.bantuan.apapun.padahan.sya.sngat.membutuhkn

    ReplyDelete
  12. Kalau sudah terdaftar di DTKS apakah perlu juga minta SKTM?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.