Header Ads

CARA CEK APAKAH SUDAH TERDAFTAR DI DTKS ATAU BELOM

Salah satu basis data yang terintegrasi dengan sistem pendaftaran KIP Kuliah ialah data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) milik Kementrian Sosial.

Bagi pelamar KIP Kuliah yang belom terdaftar di DTKS ketika mendaftar di web KIP Kuliah akan mendaptkan  keterangan sebagai dashboard  sebagai berikut :


Keterangan ini sebenarnya bisa diabaikan dan tidak berpengaruh apa-apa, karena akan ada proses seleksi lanjutan yang dilakukan oleh kampus untuk menentukan kelayakan para pelamar KIP Kuliah. Tapi banyak juga yang merasa khawatir jika keterangan itu bisa bermasalah pada pengajuan KIP Kuliah nantinya.

Bagi yang belom tahu cara untuk mengecek status DTKS kalian, silahkan ikuti alur berikut :

1. Kunjungi website berikut cekbansos.siks.kemsos.go.id/kemsos/pencarian


2. Lalu PILIH ID, masukkan NIK

Kalian boleh memilih dengan ID liannya namun kita rekomendasikan dengan ID NIK

3. Masukkan NIK dan  isikan NAMA SESUAI KTP

4. Isikan box CAPTHCHA, dan klik CARI

5. Jika datamu terdata di DTKS maka akan muncul tampilan sebagai berikut :


Jika data kalian dikeluarkan dari data DTKS, maka di kolom keterangan akan mucul bahwa data DTKS sudah tidak berlaku atau dinonaktifkan.

Keterangan kepesertaan dapat diabaikan walaupun BSP : -

6. Jika datamu tidak terdata di DTKS maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

Tapi jangan khawatir karena terkadang dalam input data sering terjadi masalah. Sehingga ketika kalian mencoba melakukan pencarian di DTKS, lakukan pencarian data DTKS atas ID Kepala Keluargamu dulu baru cari dengan ID data namamu.

Jika dalam pencarian dengan ID orang tuamu ada sementara pencarian dengan ID namamu tidak ada, maka silahkan ajukan perbaikan data DTKS atas namamu ke pihak Desa/Kelurahan setempat.


Jangan lupa follow Instagram @sahabat.kipkuliah
Subscribe youtube dibidikmisicom

60 comments:

  1. Kk kalau sudah daftar di kip sama sudah pilih universitasnya ..apakah harus daftar online di UNIVERSITAS nya nggak kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya dong. kecuali di pts tertentu

      Delete
    2. Kak saya udah ketemu id saya di situ,yang saya lihat di situ keterangan kepesertaan nya tertulis BSP : Tidak ,Bagaimana itu kak?

      Delete
  2. kak kalau kita gak pengajuan tahun ini di dtks bahwa kita pelamar kipk, apakah akan berpengaruh untuk masuk ptn tahun depan? atau dengan kita daftar online di web kipk itu gak jadi masalah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang masalah ada yang tidak. Jadi tergantung data yang ada di NIK masing-masing.

      Delete
  3. Assalamu'alaikum... Kak, saya kan sudah daftar KIP kuliah online dan sudah dinyatakan lulus seleksi PTKIN, tapi pas saya cek di DTKS Nomor NIK nya tidak terdata, itu saya harus bagaimana kak? Harap penjelasannya 🙏

    ReplyDelete
  4. Nasibku kurang beruntung..sebagai kuli bangunan tidak mendapatkan bansos

    ReplyDelete
  5. Apakah aku sudah terdaftar di kip-kuliah tahun ini...
    Terima kasih

    ReplyDelete
  6. Saya single parent dģ 4 anak sbg angggota pkh dan Kks juga guru honor pada madrasah swasta yg hanya menerima sergu sebesar Rp 1.500.000 perbln tanpa insentif lain. Anak yg nmor 1 sdg kuliah, anak yg nmor2 masuk peringkat 2 di ķlas saat pelulusan tapi terkafer di bidik misi...saya coba daftar mandiri scra online lewat KIP-Kuliah setelah memenuhi syarat registrasi sampai lah ke tahap pemilihan Ptn/pts dan kami memilih pts yg ada di kota kami krn lg pandemi...tapi setelah hasil registrasi kami serahkän pada pihak kämpus ut ditindaklanjuti yg mna saat bersamaan kami tanyakan kuota pada jurusan yg dipilih masi tersedia atau tdk jawabannyä "masih ada"...di kemudian hari kami disuruh membayar lagi biaya pendâftaran ulang berikut Spp dan uang Bangunan tetapi blum dibayar karena tunggu lounching nama penerima KIP. Sebab bila anak terdaftar pada KIp kuliah...uang yg sdh terlanjur dibayarkan tdk akan dikembalikan sesuai penjelasan Panitia nya...Mohon Bantuannya Bagaimana cara cek nama anak bila terkaver sbg penerima bantuan KIp kuliah atau tdk? Dan bgm membatalķn registrasi yg sdh terlanjur bila memang tidak terkaver namanya? Agar tdk disalahgunakan oleh pihak lain dan bisa kami gunakan ut mendaftar kip ķuliah di tahun berikut bila tahun ini gagal..
    Jawabannya sangat saya harp.trima kasí

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut info, KIP hanya untuk bayaran persemester 2,4juta yg langsung dibayarkan kampus, dan 700rb perbulan untuk sehari2 kpd mahasiswa, dan tidak termasuk pembayaran pendaftaran, uang pangkal dsb. Jika biaya kuliah melebihi bantuan maka harus membayarnya secara mandiri. Koreksi kalau salah.

      Delete
  7. Sy terdaftar dlm DTKS tp selama masa pandemi cuma 1x menerima bantuan wkt bulan Ramadhan smpe skrg prnh dpt bntuan bansos apapun lg..anak sy jg punya KIP tp tdk menerima pd th 2020 ini..sdgkan teman2 nya yg sma2 punya KIP sdh cair..bgt jg dng sklh yg lain.. bagaimana caranya spy kami bs mndaptkan manfaat bansos maupun manfaat KIP lg Krn utk apa punya kartunya tp tdk ada manfaatnya.. terimakasih

    ReplyDelete
  8. Knpa pas ingin mengecek sllu tdk pnya(anda tdk memiliki akses.

    ReplyDelete
  9. Kenapa sy selalu data tidak di temukan padahal sy selalu dpt bantuan..dan anak sy punya kjp

    ReplyDelete
  10. Kenapa sy selalu data tidak di temuakan padahal anak punya kjp dan bantuan selalu ada nama

    ReplyDelete
  11. Sistemnya kurang bermutu ,,kadang suka error

    ReplyDelete
  12. Bgmna cara mngajukan bansos pip

    ReplyDelete
  13. Sy tdk prnh mndptkan bansos pip dan bgmna cara spy dpt bansos pip???

    ReplyDelete
  14. Dan bgmna cara daftar mndapatkan BLT

    ReplyDelete
  15. Assalamualaikum bapak mamaku kepala keluarga Alhamdulillah aku dapet kjp boleh gak mama daftar PKH mamaku gak ada yang cariin uang

    ReplyDelete
  16. data dtks sudah ada tapi 6 tahun tidak mendapatkan bantuan bentuk PKH BLT bansus semuanya tidak dapat mhon infonya

    ReplyDelete
  17. Bagaimana jika sudah daftar di sekolah tetapi di kartu lanjutan yang dikirim kampus tidak ada no pendaptaran.. apakah itu sudah terdaptar apa belum?

    ReplyDelete
  18. Saya sudah daftar kip kuliah dan sudah ada no.kartunya dan lulus di ptn tapi dari pihak ptn bilang bahwa saya sudah lewat atau tutup .mohon bantuannya makasi

    ReplyDelete
  19. Alamat saya sekarang jakarta tapi knpa ke daftar di DTKS nya alamat kk lama yg dikampung ya mhon pencerahanya

    ReplyDelete
  20. Asalamualaikum bapak saya mau daftar anak saya buat kjp plus sma

    ReplyDelete
  21. Saya sudah mendaftar dtks bagaimana cara mengetahui kl sudah benar2 terdaftar

    ReplyDelete
  22. Kak bagaimana kalau tidak terdaftar di dtks sama sekali. Biar di cek dengan id orang tua tapi tetap juga tidak ada?

    ReplyDelete
  23. Admin saya kan sudah daftar KIP kuliah dan sudah Aktif kartunya, tapi pas saya cek di DTKS Nomor NIK nya tidak terdata, itu saya harus bagaimana Min? Harap penjelasannya 🙏

    ReplyDelete
  24. Kak kalau misal saat memeriksa data dtks setelah memasukkan data dari kepala keluarga dan tidak ditemukan juga itu bagaimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak saya juga begitu. Jadi harus bagaimana ya kak. Mohon bantuan nya

      Delete
  25. kk aku mau daftar kjmu tapi dtks aku tidak terdaftar, cara daftarnya gmn ya ka?

    ReplyDelete
  26. Sayasudah daftar didapodik dan diajukan kok belum dapat,atau lulus tolong arahanyA

    ReplyDelete
  27. Maaf mau tanya suami saya kan sudah pisah kk dengan orang tuanya dan Padahal sudah mengajukan pendaataan lewat desa dan sudah dimasukkan k data dtks agar bisa terima bantuan BST COVID , karena suami kerja serabutan dan harus membiayai istri dan 2 orang anak
    tapi kenapa Masih belum terdaftar ?
    Kenapa bantuan masih atas nama ibu dari suami saya ? Dan kenapa yang terdftar masih kk yg lama ??
    Mohon arahannya ��

    ReplyDelete
  28. 1. Anak saya mendapatkan PIP, namun nik kepala keluarga dan anak tidak terdata di DTKS. Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  29. Kami juga dari keluarga yang kurang mampu dan kami 1 keluarga belum pernah mendapatkan yang namanya bantuan, padahal kami bisa dikatakan masuk kriteria penerima bantuan yang layak tetapi tidak pernah mendapatkan bantuan apapun baik itu PKH, BNPT, BLT, Bantuan beras, KIP kuliah, PIP atau bantuan lainnya. Saya pernah mendaftarkan atau mengajukan diri ke kantor desa untuk mendapatkan bantuan tetapi katanya itu datanya langsung dari pusat yang dikategorikan penerima bantuan. Ayah saya seorang pekerja keras (pedagang asongan) dan ibu saya seorang IRT yang tidak bekerja tetapi tdk pernah mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah. Dan saya juga masih mempunyai 2 kakak yang belum bekerja dan 2 adik yg masih sekolah, 1 sementara baru masuk kuliah dan 1 masih duduk di bangku SMA tetapi tidak pernah mendapatkan yang namanya Kip kuliah ataupun PIP. Dimasa pandemi saat ini, Ayah saya sudah merasa tidak sanggup lagi membiayai pendidikan kedua adik saya yang sementara sekolah padahal saya berharap mereka berdua bisa melanjutkan pendidikannya sampai selesai. Saya sendiri sudah selesai dibangku pendidikan tetapi sampai sekarang saya juga masih menganggur dan sementara berjuang keras mendapatkan lowongan pekerjaan apapun supaya saya bisa membantu dan meringankan beban ayah saya dalam menyekolahkan adik saya. Saya bersyukur karna saya sudah tamat dibangku kuliah dari hasil keringat ayah saya selama ini. Yang menjadi persoalan sekarang ini seperti dimasa pandemi saat ini pendapatan ayah saya mulai berkurang dan mulai menipis.
    Saya berharap andaikan ada tim khusus yang turun langsung kelapangan melihat keadaan rumah kami atau mensurvey kondisi keluarga kami.

    ReplyDelete
  30. Kenapa saya tidak lulus KIP KULIAH sedangkan saya terdaftar di DTKS

    ReplyDelete
  31. Kenapa saya tidak lulus KIP KULIAH sedangkan saya terdaftar di DTKS

    ReplyDelete
  32. Kak, permisi saya ingin bertanya apakah data dtks memilik masa berlaku yang harus di perbaharui per waktu tertentu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atau ketika sudah terdaftar maka data tersebut berlaku selamanya?

      Delete
  33. saya terdaftar sebagai penerima kartu sembako non pkh. tapi kok nyatanya saya tidak dapat kartunya??

    ReplyDelete
  34. Kapan ya..saya bisa menerima bansos pemerintah,padahal di masa pandemi ini saya juga merasakan dampaknya,jangankan beli meke-up buwat kebutuhan pokok hari2 pun masih banyak yang kurang.

    ReplyDelete
  35. Kak, saya baru daftar kip kuliah, lalu kelanjutannya bagaimana ya kak? Mohon infonya

    ReplyDelete
  36. Data tidak di temukan. karena kk baru. apakah karena memang blm di daftar dr desa atau gimana yaa. selama pandemi belum mendapat bantuan pusat

    ReplyDelete

Powered by Blogger.