Header Ads

KENDALA SERIUS PENDAFTARAN KIP KULIAH

Pendaftaran
KIP Kuliah untuk kali pertama dimulai pada akhir bulan Februari 2020. Beasiswa yang merupakan nama lain Bidikmisi ini mengusung sistem pendaftaran online. Sayangnya ada banyak keluhan terkait proses pendaftarannya yang dilakukan sendiri tanpa melalui sekolah.

Nah, berikut ini kita rangkuman beberapa macam kendala yang sering terjadi dalam pendaftaran KIP Kuliah di tahun 2020 lalu.

1. NISN Tidak Valid


Kendala ini terutama banyak dialami oleh para alumni. Dan tak sedikit juga alumni yang terdeteksi NISN-nya tidak valid ialah para alumni Madrasah Aliyah dimana sistem NISN-nya berada dibawah Emis Kemenag.

Dalam perkembangannya perlu adanya pemadanan data dari Emis Kemenag ke data Dapodik Kemendikbud. Dan bagi alumni yang memang datanya tetap tidak bisa digunakan mendaftar di web KIP Kuliah, disediakan link perbaikan NISN disini.

Walau sudah ada link perbaikan NISN, tetap saja masih banyak yang mengeluh di kolom DM, terkait masalah NISN ini dan tidak mendapatkan solusi dari kolom bantuan KIP Kuliah.

Selain persoalan di atas, ada juga NISN yang tidak valid dikarenakan ada NISN gandaKetika terjadi double NISN, maka kalian wajib meminta sekolah untuk mengajukan NISN baru. Atau bagi alumni yang kebetulan NISN ganda, maka kalian bisa ajukan di link berikut pd.data.kemdikbud.go.id/vervalLulusan/

2. NISN dan NPSN Tidak Singkron



NISN yang kalian miliki tidak ditemukan di data NPSN sekolah yang kalian masukkan. Hal ini tentu menunjukkan adanya keteledoran pihak sekolah. Untuk itu, kalian perlu memastikan bahwa selama sekolah kalian telah divalidasi data kalian untuk terdaftar di Dapodik dan Emis. Jika tidak maka bisa jadi akan terjadi kasus seperti di atas. Dan penyebabnya ialah karena data NISN kalian tidak terdeteksi sistem.

3. NIK Tidak Valid


Permasalahan serius yang bisa terjadi ialah ketika data NIK yang dimasukkan ke Dapodik salah input. Akibatnya data kalian tidak ditemukan. Sebelum lulus, pastikan dan minta sekolah memvalidasi data NIK. Jangan sampai ada satu angka saja di NIK yang keliru.

Disamping itu, NIK yang kalian miliki wajib NIK paten yang sudah tidak berubah lagi. Jika ada masalah di data kependudukan kalian. Misal ganti NIK, maka komunikasikan ke sekolah sebelum lulus.

Bagi  yang sudah berusia 17 tahun disarankan segera mengurus KTP.

4. No Pendaftaran KIP Kuliah tidak dikirim ke email kalian

Setelah kalian mendaftar dengan benar, harusnya ada email kiriman dari web KIP Kuliah yang berisi No KIP Kuliah dan Kode akses untuk login di web KIP K. Biasanya email dikirim ke bagian kotak masuk, atau jika tidak ada silahkan cari di bagian spam.

Jika email tak dikirim, kemungkinan utamanya ialah kalian salah memasukan email dengan sengaja maupun tidak disengaja.

Sampai saat ini fitur untuk memperbaiki input email yang salah tak kunjung aktif walaupun sudah ada (Fitur Perbaikan Email). Maka sekali kalian salah input email. Maka kesempatan mendaftar di KIP Kuliah bisa pupus.

5. Pengambilan Data DTKS Gagal


Masalah ini masih membingungkan. Ada kemungkinan bahwa kamu wajib daftar di DTKS dulu atau bisa juga kamu harus mencoba mengulangi pendaftaran berkali kali. Perlu diketahui bahwa server KIP Kuliah sering maintance dan eror, maka dari pada itu. Perlu kesabaran untuk bisa menyambungkan data DTKS hingga berhasil mendaftar.

Itulah 5 masalah serius yang menjadi malapetaka bagi sebagain pelamar KIP Kuliah yang gagal sebelum bertanding.
 

No comments

Powered by Blogger.