Header Ads

Tiara, Anak Buruh Bangunan Diterima di UGM Tanpa Tes


Tiara Yosianti Solekhah (17) tak pernah patah semangat berjuang dalam keterbatasan menggapai mimpinya untuk bisa mengenyam bangku kuliah. Terlahir dari keluarga dengan kondisi perekomonian pas-pasan tidak lantas menyurutkan asa meraih impian. Alhasil kesabaran dalam menjalani hidup dan ketekunannya belajar berhasil menghantarkannya diterima kuliah di Jurusan Statistik FMIPA UGM tanpa tes bahkan dibebaskan biaya kuliah hingga usai.


Ayahnya bekerja menjadi buruh bangunan yang kerjanya tergantung proyek. Dia paham betul perjuangan sang ayah membanting tulang untuk menafkahi keluarganya tidaklah mudah. Dengan pendapatan yang tak menentu, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari keluarga kecilnya itu masih jauh dari kata cukup.

Ketika sedang berada di titik terendah, Tiara hanya bisa memasrahkan hidup pada sang pencipta. Dia yakin Tuhan tidak pernah mengabaikan umatnya yang terus berusaha. Di setiap kesulitan yang muncul pasti akan ada jalan keluar.

Meski hidup dalam kondisi penuh keterbatasan, Tiara terus bertahan dan berjuang menggapai impiannya untuk bisa kuliah dan menjadi sarjana. Menurutnya, menuntut ilmu hingga perguruan tinggi sangat penting karena menjadi bekal masa depan mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

Dia menyebut telah berkeinginan bisa kuliah sejak kecil. Kendati begitu dia tidak secara terang-terangan mengungkapkan hal itu ke orang tuanya. Terebih dengan kondisi keluarga yang serba terbatas. Namun ketika SMA Tiara memberanikan diri menyampaikan impiannya tersebut.

Rupanya hasil tak pernah mengkhianati usaha. Kesabaran dan ketekunannya dalam belajar selama ini membuahkan hasil manis. Sejak SD hingga SMA Tiara selalu masuk peringkat 3 besar di kelasnya. Selain berprestasi di kelas, dia juga pernah menjuarai beberapa kompetisi saat SMA seperti juara 1 OSN Ekonomi tingkat Kota dan juara 2 lomba Flag Football tingkat provinsi. Tak hanya itu, gadis berkacamata ini juga berhasil memperoleh KIP Kuliah dari pemerintah sehingga dibebaskan biaya kuliah hingga delapan semester.

Dikutip dari berbagai sumber.

No comments

Powered by Blogger.