Header Ads

Percakapan Di Kamar Redaksi




A: "Mas, gimana ni. Siapa yang ngurus akun ini, kalau adminnya pada berpencar semua. Ini baru strat lho, belum sampai konsolidasi betulan ."

B: “Iya, mas. Gimana. Kan ada yang di Surabaya, ada yang di tempat asal, ada yang nun jauh di sana. Gimana koordinasinya. Apa kita batalkan saja.”

C: “Wis, ta lah, dilakoni sak iso-isoke wae, rek ! Ra usah dipikir panjang.”

A: “Gak, progresif laan. Katanya mau bikin gerakan alumni.”

C: “Rumangsamu, kon i sapa ? Cek sombong men. Perkoro, dadi apa ora. Tugase awak dewe lak mung ngelola akun iki to. Nek sukses ya Alhamdulillah, nek ora ya wa syukrulillah. Koyok jarene Gus Dur ae lho, ‘gitu aja kog repot’.”

B: “Lha, iku lho rungokno.” (Nadanya ditinggikan dikit, agar menghayati)

C: “Ijeh ngotot a ?”

A: “Gak bisa, Mas. Kita itu alumni Bidikmisi. Kita harus bisa berbuat Mas, buat negara. Kita harus kontribusi. Kita harus balas budi. Kita harus mempersatukan anak-anak. Kalau bersatu kita pasti bisa.” (Idealis bro)

C: “Aku ya ngerti apa sing kog karepno. Aku wis mudeng. Tapi sek ta lah. Istiqomah sek. Wong follower LINE mu wae lagi 161. Ikhlas, sabar, istiqomah o”

B: “Ngeyel opo maneh”

A: “Apakah, memang kita harus menunggu lama, agar ada platfom gerakan real dari Bidikmisi ini. Kenapa kita harus dicerai beraikan oleh tempat, dan jarak. Oh, man !” (Raut wajah seriusnya, mengendur, tergerus oleh rasa pasrah)

B: “Sudahlah, optimis saja. Banyak kog yang sudah merintis. With or without Bidikmisi name. Banyak kog lulusan Bidikmisi yang sudah punya gerakan nyata untuk negara dan bangsa. Dadi gak usah, sedramatis iku kali. Slow aja. Mungkin tugas kita itu cuman jadi reporter aja. Makanya kita yang disuruh buat media sosial.”

A: “Muga-muga ae.”

C: “Ngene ae wis. Kalau kalian butuh waktu maintance, gak apa-apa. Kita cari ide baru untuk menghidupkan LINE-nya. Ojok Loker tok. Ojok opini tok. Sekali-sekali, ya perlu diskusi, perlu kopdar.”

A : (Menyela) “Piye carane Kopdar, piye carane diskusi, wong tempate berjauhan semua.”

C: “Nah, iku sing kudu dipikirke.”

B: “Nggawe diskusi online ta ? Tapi audiennya mahasiswa Bidikmisi. Kita buat panggung untuk seluruh alumni dan mahasiswa berprestasi untuk ngisi diskusi online. Cekne ono pencerdasan ngono lho. Gak plonga-plongo koyok kon.”

C: “Itu bisa jadi alternatif. Lagian, haruse kita juga memikirkan kalau Bidikmisi iki akeh lho. Gak semua bisa masuk jadi lingkaran AUBMO. Ana sing di luar lingkaran. Dan tantanganne, bagaimana kita bisa buat lingkaran untuk semua. Dadi gak perlu embel-embel mantan pengurus, tapi kabeh iso ngrasakno nek sebenere sing nduwe tanggungjawab Bidikmisi kuwi gak sing nduwe embel-embel formal, sosiologis, kultural dan memorial tok. Tapi kabeh kudune rumongso Bidikmisi.”

A: “Iyo. Rumongso Bidikmisi. Senajan gak pengurus, ndek CV-ne kancaku, pas ndaftar ndek kantore ditulisi apik lho. Jarene : “Ndek CV-ku tak tulis, Aku anggota AUBMO”. Pas tak tanya “kog bangga dadi anggota, kan gak pengurus”. Jawabanne, “nek aku ora bangga dadi Bidikmisi, dadi AUBMO, iku jenenge gak bersyukur cak. Kon iku mantan pengurus, kog gemblung to.”. Aku pas iku mantuk-mantuk. “Iya, ya.” (Gerrrr…..)”

C : “Ngerti dewe to. Kancamu ae, ijeh militant, mosok awakmu gak luwih militan, luwih radikal, luwih teroris, luwih khilafah, luwih telegram saka iku….”

B: “Ojok nglantur, Mas. Di kiro isis ngko lho.”

A: “Suroboyo iku sumuk, duduk isis, ndul.”


No comments

Powered by Blogger.